Ming. Jun 23rd, 2024
Hitung Dulu Simulasi Kredit Rumah Sebelum Anda Ingin Ambil KPR

KPR bisa jadi solusi bagi mereka yang ingin beli rumah, namun keuangan belum mencukupi jika harus beli secara tunai. Maka bisa ambil program cicilan ini dari perbankan. Apalagi di Indonesia sendiri hampir semua lembaga keuangan atau bank menawarkan program tersebut, tak hanya untuk rumah dengan harga ratusan juta rupiah saja, melainkan juga sampai milyaran rupiah. Banyak hal yang harus jadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan KPR ini, termasuk melihat simulasi kredit rumah itu sendiri.

Properti memang termasuk sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan, sehingga tidak masalah jika Anda ingin membelinya secara kredit atau KPR. Toh kedepannya ketika dijual lagi nilainya juga akan meningkat jadi semakin mahal, jadi Anda juga tidak akan rugi. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa sebaiknya Anda tidak menunda-nunda untuk beli rumah, karena semakin ditunda harganya juga jadi semakin mahal, tidak ada jaminan Anda akan mampu membelinya di masa depan.

Namun dalam membeli rumah sendiri Anda juga tidak boleh gegabah, banyak hal yang patut dipertimbangkan, apalagi harga sebuah properti juga tidak bisa dikatakan murah. Mulai dari ratusan juta rupiah sampai dengan milyaran rupiah. Diantara komponen yang harus diperhatikan ini adalah simulasi kredit rumah tersebut. Pada dasarnya setiap perbankan pasti akan memfasilitasi calon nasabah mereka dengan kalkulator kredit ini, dimana nantinya bisa digunakan untuk menghitung simulasi kredit hunian yang Anda inginkan, karena didalamnya ada beberapa komponen yaitu harga hunian, DP, bunga sampai dengan jangka waktu.

Penting memang mengetahui simulasi KPR ini, karena :

Hitung Dulu Simulasi Kredit Rumah Sebelum Anda Ingin Ambil KPR

1. Mendapatkan gambaran nilai cicilan rumah setiap bulan, selanjutnya dari hasil simulasi KPR ini sendiri akan lebih jelas terlihat, berapa kira-kira besarnya jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan, sebanding dengan tenor yang dipilih serta uang muka yang harus dibayarkan. Karena kedua hal tersebut juga akan ikut mempengaruhi nilai cicilan rumah.

2. Menemukan nilai DP yang ideal untuk Anda, seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa memang dari simulasi ini ada beberapa komponen yang mempengaruhi nilai cicilannya, seperti diantaranya adalah tenor serta DP. Bagi yang saat ini masih menabung untuk mengumpulkan uang muka atau DP. Tentunya juga akan lebih tahu berapa kira-kira budget uang muka yang ideal untuk disiapkan. Sehingga nantinya bisa meringankan beban cicilan rumah.

3. Menentukan tenor yang sesuai, Anda dapat menggunakan kalkulator KPR ini untuk mengubah-ubah tenor atau jangka waktu pelunasan, mulai dari 1 tahun sampai dengan 20 atau bahkan 30 tahun juga ada. Menemukan tenor atau jangka waktu pelunasan yang ideal ini nyatanya juga tidak kalah penting, agar Anda juga tidak keberatan dengan nilai cicilan yang harus dibayarkan, sudah ideal dengan kemampuan keuangan.

4. Salah satu cara untuk menghindari gagal bayar, jangan salah karena ada banyak orang yang mengalami gagal bayar karena tidak memperhitungkan simulasi KPR mereka terlebih dahulu. Sehingga tidak tahu nilai ideal yang bisa dibayarkan sebagai cicilan. Hal ini tentunya punya resiko yang besar, khususnya bisa membuat Anda mengalami gagal bayar. Tentunya rugi bukan karena sudah membayar sejauh itu, namun justru rumah disita oleh pihak bank.

5. Membantu mengetahui cicilan ideal yang harus dibayarkan, dari hasil perhitungan dengan menggunakan kalkulator KPR ini, nantinya akan membantu Anda untuk bisa tahu berapa kira-kira nilai cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Termasuk diantaranya jika ingin dibandingkan dengan kemampuan keuangan, seperti dari income yang sudah dikurangi dengan pengeluaran. Sehingga tahu apakah jumlah tersebut akan ideal untuk diambil ataukah tidak.

Simulasi kredit rumah ini bisa Anda lihat di website resmi bank BCA di link berikut ini, khususnya bagi Anda yang ingin KPR ke perbankan tersebut. Tak perlu khawatir karena ambil KPR di bank BCA ini banyak untungnya. Mulai dari beban biaya tambahnya seperti dari bunganya yang ringan, ditambah lagi dengan banyaknya layanan-layanan yang mempermudah nasabah berbasis online untuk bayar cicilan dan sebagainya. Bank BCA juga memiliki cabang yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *