Rab. Feb 21st, 2024

Saat Anda merasa bisa mengendalikan jerawat, produk yang dipakai sudah tepat, rutin melakukan perawatan kulit, tapi jerawat Anda semakin parah bahkan lebih buruk.

Menurut dokter kulit Marisa Garschik, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut.

“Jangan panik.

Terkadang lingkungan dapat memicu fluktuasi sementara semacam ini,” kata Dr.

Garshick, seperti dilansir dari laman Well+Good.

“Jika kulit Anda berada di tempat yang baik secara keseluruhan selama tiga atau empat bulan dan Anda mengalami seminggu berjerawat, itu mungkin sedikit dari kendali Anda.

Anda mungkin lebih sering memakai masker, atau Anda mungkin bepergian dan melakukan sesuatu.

ke kulit Anda.

Itu tidak berarti Anda harus mengatur ulang seluruh rutinitas perawatan kulit Anda.” Tetapi jika beberapa bulan telah berlalu dan keadaan tidak membaik, itu mungkin berarti Anda perlu membuat beberapa perubahan.

Berikut ini, Dr.

Garshick membagikan lima penyebab utama yang mungkin berada di balik jerawat Anda yang semakin parah—dan mengungkapkan dengan tepat apa yang harus dilakukan untuk mengembalikan semuanya ke jalur semula.

“Kadang-kadang Anda mungkin memasukkan hal-hal baru ke dalam kulit Anda yang dapat berkontribusi pada iritasi atau sensitivitas baru,” kata Dr.

Garshick.

“Jadi pikirkan makeup, tapi pikirkan juga lingkungan.

Kalau lebih aktif, berolahraga, lebih banyak berkeringat, mungkin rutinitasmu sekarang membutuhkan sesuatu yang berbeda.” Suhu yang lebih tinggi juga dapat berdampak pada kulit Anda.

“Kelembaban menyelimuti kulit dalam selimut panas dan kelembapan, yang menyebabkan pori-pori melebar, peningkatan produksi minyak, dan pengelupasan kulit,” ujar dokter kulit Audrey Kunin.

“Ini dapat menyebabkan kemacetan atau bahkan munculnya noda.” Jika salah satu dari ini terdengar seperti taktik, pastikan Anda membersihkan dengan benar dan menghilangkan kotoran sepanjang hari dari kulit Anda.

Ada sejumlah penyebab berbeda yang bisa disalahkan untuk jerawat Anda — produksi minyak, bakteri, dan peradangan semuanya dapat berperan, dan masing-masing memerlukan jenis perawatan yang berbeda.

“Mungkin jika Anda hanya menggunakan retinoid, dan tiba-tiba ada jerawat muncul karena bakteri,” kata Dr.

Garshick.

Karena retinoid mungkin bukan pilihan terbaik untuk membersihkan jenis jerawat ini (mereka bekerja dengan menormalkan siklus pengelupasan kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, menjadikannya bagus untuk mengobati jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan peradangan), mungkin sudah waktunya untuk alihkan rutinitas Anda.

Pembersih benzoil peroksida adalah pengganti yang bagus untuk jerawat yang berhubungan dengan bakteri, karena secara efektif membersihkan propionibacterium acnes, bakteri penyebab jerawat yang dikenal sebagai P.

Acne.

Perhatikan bahwa Anda dapat mengalami sejumlah penyebab jerawat yang berbeda sekaligus, jadi mungkin diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan rutinitas yang sesuai untuk kasus unik Anda.

Selain tiga penyebab yang disebutkan di atas, Dr.

Garshick mengatakan hormon juga dapat berkontribusi pada jerawat.

Itu karena produksi sebum didorong oleh hormon, sehingga perubahan hormon Anda dapat menyebabkan jerawat yang semakin parah.

Apakah Anda baru saja memulai atau menghentikan pengendalian kelahiran? Apakah Anda hamil? Jika Anda yakin hormon berperan, bicarakan dengan dokter Anda tentang mencoba solusi seperti spironolactone, pengobatan jerawat berbasis hormon resep, atau DIM, suplemen yang membantu mengelola produksi minyak hormonal.

“Jika jerawat Anda semakin parah, saya tidak akan mulai menggunakan beberapa produk sekaligus,” kata Dr.

Garshick.

“Jika Anda akan memulai produk perawatan kulit baru, pastikan Anda hanya melakukannya satu per satu.

Beri waktu tiga minggu lagi, tetapi jangan panik dan coba semua produk.

Hanya menggunakan satu hal baru pada satu waktu mungkin mulai dengan memperkenalkan pembersih baru.

Jadi untuk beberapa orang yang sudah menggunakan resep bahan aktif dan mungkin pembersih lembut, mungkin mereka membutuhkan pembersih obat bersamaan dengan itu.

Tapi jangan gunakan itu plus exfoliant plus toner sekaligus.” Jika Anda belum berbicara dengan seorang profesional dan Anda menyadari bahwa jerawat Anda semakin parah, mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi dokter kulit.

Mereka dapat membantu memandu Anda sehingga Anda tidak membuang-buang uang untuk produk yang tidak tepatdan memberi Anda produk berbasis resep saat dibutuhkan.

Dr.

Garshick mengatakan yang terbaik adalah berhenti, mengatur ulang, dan fokus pada apa yang Anda gunakan dan pergi ke dokter kulit bersertifikat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *