Ming. Jun 23rd, 2024

Pernah menggunakan alat nebulizer? Alat ini digunakan untuk membuat obat cair menjadi kabut. Kemudian kabut tersebut akan dihirup dan terserap ke dalam paru-paru secara lebih mudah dan cepat. Karena kemudahannya inilah, alat ini banyak dipilih dan dimiliki oleh mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Selain menggunakan alat tersebut, Anda juga bisa mencoba beberapa olahraga untuk memperkuat pernapasan. Olahraga tersebut bisa Anda lakukan secara rutin dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Olahraga untuk Memperkuat Pernapasan, Anda Harus Coba!

Pixabay.com

Rekomendasi Olahraga untuk Memperkuat Pernapasan

Terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat pernapasan menjadi lebih kuat. Beberapa olahraga tersebut antara lain:

1. Aerobik

Olahraga yang pertama untuk Anda coba yaitu aerobik. Aktivitas ini terbilang menyehatkan dan sangat penting dalam meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Melalui gerakan aerobik, banyak otot di dalam tubuh Anda bergerak berdasarkan kecepatan ritmis.

Olahraga tersebut juga efektif untuk membuat kinerja paru-paru dan jantung menjadi lebih kuat. Selain itu, aerobik juga berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa olahraga aerobik yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Berlari
  • Jalan kaki
  • Bersepeda statis
  • Lompat tali

2. Berenang

Olahraga untuk memperkuat pernapasan dan terbukti efektif adalah berenang. Hal ini karena melalui berenang, paru-paru Anda menjadi lebih besar serta efisiendalam memproses udara.

Selain itu, ketika Anda berenang maka secara tak langsung Anda juga sedang latihan pernapasan. Ini karena Anda harus terus mengambil oksigen, menahan, kemudian melepaskannya kembali. Aktivitas tersebut sangat berguna dalam melatih serta meningkatkan fungsi paru-paru agar bekerja lebih efisien.

3. Yoga

Yoga merupakan aktivitas yang tak membutuhkan banyak kapasitas jantung serta pembuluh darah. Akan tetapi, olahraga tersebut cenderung melibatkan perpaduan antara teknik pernapasan, peregangan, keseimbangan, maupun kelenturan tubuh.

Anda bisa menyesuaikan beragam gerakan atau pose olahraga sehingga sesuai kapasitas pernapasan Anda. Selain itu, gerakan tersebut juga terbukti efektif menghindarkan Anda dari mengalami napas semakin pendek.

4. Pilates

Bukan sekadar aktivitas untuk membangun kekuatan inti serta memperbaiki postur tubuh, olahraga pilates juga dapat meningkatkan fungsi dari paru-paru Anda.

Berdasarkan studi, pilates terbukti berhasil meningkatkan kapasitas maupun ekspansi dada. Olahraga tersebut juga dapat meningkatkan volume paru-paru. Mengapa demikian?

Sebab, olahraga ini bekerja lewat pusat kekuatan yang di dalamnya terdapat otot baru serta gluteus lumbar. Keduanya berperan penting terhadap stabilitas tubuh yang berkaitan dengan pengendalian napas.

5. Latihan Pernapasan

Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan dengan cara yang sangat mudah dan hasilnya terbukti memperkuat pernapasan Anda. Anda tinggal berbaring telentang. Kemudian letakkan 1 tangan di perut serta tangan yang lain di dada.

Ambil napas perlahan dan dalam sampai diafragma terasa mengembang. Kemudian tahan napas beberapa detik dan buang perlahan. Lakukan berulang-ulang sampai 5 menit dan kondisi mata tertutup agar hasilnya maksimal.

Sudah Paham Olahraga untuk Memperkuat Pernapasan?

Sekian beberapa olahraga sederhana yang dapat memperkuat pernapasan Anda. Silakan memilih satu atau beberapa olahraga tersebut. Kuncinya Anda lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *