Ming. Jun 23rd, 2024

Olivia Newton-John telah meninggal pada usia 73 setelah mengalami kanker payudara selama beberapa dekade.

Pencipta lagu, penyanyi dan aktris itu sudah lama terbuka tentang diagnosis kanker payudaranya.

Suaminya, John Easterling, menyampaikan kabar duka tersebut kepada penggemar melalui akun Instagram Newton-John, Senin 8 Agustus 2022.

“Dame Olivia Newton-John meninggal dengan tenang di Peternakannya di California Selatan pagi ini, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman.

Kami meminta semua orang untuk menghormati privasi keluarga selama masa yang sangat sulit ini,” tulis Easterling.

“Olivia telah menjadi simbol kemenangan dan harapan selama lebih dari 30 tahun berbagi perjalanannya dengan kanker payudara.” Dalam wawancara langka tahun 2020 untuk peluncuran yayasan barunya, Newton-John membagikan detail mengejutkan tentang diagnosis kanker payudaranya.

Tes awalnya tidak mendeteksi penyakit tersebut.

Dia secara resmi didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 1992.

“Saya langsung tahu bahwa ada sesuatu yang salah.

Saya menjalani mammogram dan mammogramnya jinak dan kemudian saya menjalani biopsi jarum yang juga jinak,” kata Newton-John dalam video tersebut.

“Dan saya tidak mengatakan ini untuk menakut-nakuti wanita, tetapi Anda hanya harus mempercayai insting Anda.

Saya merasa ada yang tidak beres, dan ketika saya bersama dokter bedah saya, kami memutuskan bahwa dia akan melakukan biopsi bedah.” Setelah prosedur, dokter Newton-John mengungkapkan bahwa dia menderita kanker di payudara kanannya, yang perlu diangkat.

Aktris itu menjalani mastektomi dan sembilan bulan kemoterapi.

“Semua ini luar biasa.

Itu adalah perasaan takut dan teror yang tidak diketahui,” katanya tentang diagnosisnya.

Tetapi seorang teman ada di sana untuk mengangkatnya keluar dari pola pikir itu, dan dia akhirnya “membuat keputusan bahwa saya akan baik-baik saja,” jelasnya.

“Putri saya adalah hal terpenting dalam hidup saya dan saya harus baik-baik saja untuknya.

Anda harus mengikuti kata hati dan naluri Anda sendiri dalam hal pengobatan kanker dan perjalanan kanker Anda sendiri.” Selain perawatan medisnya, ia juga memasukkan meditasi, akupunktur, dan terapi pijat ke dalam rencana pemulihannya.

“Saya berhasil melewatinya dengan cukup baik, selain dari kemoterapi otak, yang cukup banyak ketika Anda merasa pusing di kepala,” katanya.

Kanker Newton-John mengalami remisi hingga 2013, ketika menyebar di luar payudaranya.

Pada tahun 2017, dia mengetahui bahwa penyakitnya telah berkembang menjadi kanker payudara stadium 4 yang telah menyebar ke tulang belakangnya.

Tapi dia tetap positif tentang prognosisnya.

“Prognosa? Saya tidak membahas prognosis,” katanya kepada Gayle King dalam sebuah wawancara.

“Karena, menurut saya, jika mereka memberi Anda persentase atau, Anda tahu, ‘Banyak wanita mendapatkan ini dan mereka hidup selama ini,’ Anda dapat membuat itu dan mewujudkannya.

Ini hampir seperti, saya pikir saya tahu apa itu statistik.

Tapi aku menyingkirkan mereka.

Aku akan hidup lebih lama dari itu.

Saya telah membuat keputusan itu.” Olivia Newton-John juga meluncurkan Yayasan Olivia Newton-John untuk mendukung orang lain yang berjuang melawan kanker payudara dan memberi mereka alat dan informasi yang mereka butuhkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sehat.

PREVENTION

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *