Rab. Feb 21st, 2024
Pelatihan Online Bersertifikat Untuk Supply Management

Bisnis merupakan proses yang panjang dari mempersiapkan bahan baku, mengubahnya menjadi produk, hingga mendapatkan feedback dari konsumen untuk keberlangsungan dan perkembangan produk yang ditawarkan ke pasaran tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan perjalanan produk yang diatur dalam supply management. SCM merupakan hal penting dalam bisnis yang mempunyai banyak hal yang perlu untuk dikelola di tangan yang tepat. Kemampuan SCM tersebut bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat sehingga mempunyai pengetahuan yang bisa diaplikasikan ke kebutuhan bisnis.

Salah satu alur SCM yang penting adalah dengan memilih supplier yang tepat. Supplier merupakan pihak yang menyediakan produk atau layanan kepada pihak lainnnya. Supplier tersebut menyediakan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan kualitas yang diminta dan bisa memberikan harga yang kompetitif untuk bisa menciptakan keuntungan untuk perusahaan. Supplier tentunya mempunyai peranan yang sangat penting di dalam bisnis yang lancar karena mempunyai tugas untuk mencari bahan baku, menjaga ketersediaan bahan baku, hingga mencari bahan baku yang bisa menjadi alternatif untuk bisa memberikan keuntungan yang lebih. Sehingga penting sekali untuk bisnis bisa mencari dan mendapatkan supplier yang berkualitas.

Masalah untuk bisa mencari supplier yang berkualitas tersebut bisa didapatkan dengan mempunyai pengetahuan mengenai supply management. Dengan mengikuti pelatihan online bersertifikat akan sangat membantu untuk mendapatkan supplier yang tepat. Di mana tips mencari supplier yang berkualitas tersebut bisa menggunakan pertimbangan berikut ini :

Pelatihan Online Bersertifikat Untuk Supply Management

Pelatihan Online Bersertifikat Untuk Supply Management

  • Kriteria supplier yang dibutuhkan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan supplier yang berkualitas adalah dengan menentukan kriteria supplier terlebih dahulu. Daftar tersebut akan sangat membantu untuk menyediakan supplier yang diinginkan. Di mana untuk beberapa kriteria yang perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih supplier adalah dari waktu tunggunya yang bisa ideal. Hal tersebut akan bisa menjadi parameter penting untuk memilih supplier yang cocok mengingat bahan tersebut sangat dibutuhkan untuk produksi berjalan lancar dan pertimbangan berapa banyak pemesanan yang akan dilakukan. Selanjutnya perlu memperhatikan mengenai kemampuan drop shipping, jaminan kualitas, pembayaran, dan komunikasi yang dipunyai supplier yang akan dipilih.

 

  • Banyaknya supplier yang dibutuhkan

Hal selanjutnya untuk mendapatkan supplier yang terbaik adalah dengan mencari supplier dengan jumlah yang dibutuhkan. Banyaknya supplier tersebut tentunya memperhatikan mengenai kebutuhan yang dipunyai. Pertimbangan lainnya juga apabila supplier tersebut gulung tikar, sehingga akan membuat proses produksi dapat terhambat. Oleh karena itulah bisa untuk mengerti mengenai pemilihan banyaknya supplier yang dipilih. Pemilihan supplier yang tepat bisa untuk mencegah hal buruk yang terjadi sehingga bisa mengganggu bisnis Anda.

 

  • Tawaran supplier

Dari banyaknya supplier yang bisa dipilih, penting untuk mengerti dan memilih tawaran yang akan dipilih dan sesuai dengan bisnis Anda. Kandidat supplier yang sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut bisa untuk diseleksi lebih lanjut. Caranya dengan mengirimkan panggilan untuk tawaran yang bisa dilakukan dengan surat tawaran. Surat tersebut berisi mengenai rincian lebih detail mengenai tersedianya barang, pengiriman, pembayaran, dan kualitas produk yang diberikan. Selanjutnya dari penawaran tersebut maka bisa melakukan evaluasi untuk bisa menemukan produk yang terbaik. Evaluasi tersebut dapat dilakukan agar bisa mendapatkan supplier yang memberikan standar kualitas yang dibutuhkan. Anda juga perlu untuk berkomunikasi dengan baik hingga negosiasi dengan supplier sehingga bisa untuk yakin melakukan kerjasama dengan supplier tersebut.

 

  • Kinerja supplier

Setelah mendapatkan supplier yang tepat, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah dengan memantau kinerjanya. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa supplier yang dipilih bisa terjadi hal yang tidak diinginkan seperti gulung tikar atau kualitas yang tidak sama lagi seperti sebelumnya. Sehingga apabila hal tersebut bisa untuk mengakhiri kontrak dan memutuskan hubungan agar bisa menyematkan bisnis Anda.

 

Tips untuk bisa mengetahui cara dan juga berbagai hal mengenai supply management tersebut bisa didapatkan dari mengikuti pelatihan online bersertifikat. Seperti dari salah satu materi yang ditawarkan oleh Prasmul-ELI ketika mengikuti program pelatihan operation management. Purchasing and Supply Management dan juga berbagai materi lainnya bisa didapatkan untuk bisa menjaga proses produksi yang lancar di perusahaan. Daftar program operation management di Prasmul-ELI dengan menghubungi kontak ke +6281119911168.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *