Ming. Jun 23rd, 2024
Pentingkah Punya Asuransi Kesehatan Double Claim

Produk asuransi semakin kesini hadir semakin beragam, dimana memang untuk jenis perlindungan yang diberikan juga kian banyak. Pada asuransi kesehatan saja jika dilihat Anda tak hanya dapat menjumpai asuransi kesehatan biasa, melainkan juga ada asuransi penyakit kritis sampai dengan perlindungan tambahan seperti asuransi kesehatan double claim. Istilah double claim ini mungkin sudah sering Anda dengar, namun banyak juga diantaranya yang mungkin kurang tahu tentang produk tersebut.

Pada dasarnya jenis asuransi kesehatan yang satu ini memang bisa dipakai untuk kebutuhan mengajukan klaim tambahan. Ia sama dengan manfaat tambahan asuransi atau riders, dimana ketika Anda membelinya maka harus membayar ekstra untuk asuransi tersebut. Namun memang meskipun namanya adalah double claim, bukan berarti nantinya nasabah bisa mengajukan dua klaim sekaligus untuk kebutuhan berobat ketika sudah jatuh sakit, karena asuransi ini hanya digunakan sebagai pelengkap, jika seandainya ada kekurangan biaya berobat.

Lalu bagaimana jika seandainya asuransi kesehatan utama yang dimiliki tersebut sudah mengcover seluruh biaya pengobatan? Maka tidak perlu lagi menggunakan asuransi kesehatan double claim ini, lalu seberapa pentingkah serta butuh atau tidak punya asuransi double claim tersebut? berikut ini diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu :

Pentingkah Punya Asuransi Kesehatan Double Claim

Pentingkah Punya Asuransi Kesehatan Double Claim

1. Cek manfaat asuransi kesehatan utama yang Anda miliki, khususnya adalah berapa besar nilai limit perlindungan yang mereka berikan. Jika seandainya asuransi kesehatan utama yang dimiliki tersebut sudah menawarkan limit atau manfaat perlindungan yang nilainya besar. Maka Anda tidak perlu lagi membeli atau menambahkan proteksi dari asuransi kesehatan jenis double claim ini, karena percuma nantinya juga tidak akan terpakai, ia tidak dapat diklaim jika seandainya asuransi utama sudah bisa mengcover biaya untuk berobat.

2. Mengecek kondisi keuangan, hal yang tidak kalah penting adalah dengan mempertimbangkan kondisi financial Anda. Bagaimanapun seperti yang sudah disebutkan, bahwa ketika Anda mengambil manfaat tambahan ini mau tidak mau nantinya harus siap membayar premi dengan harga yang lebih mahal bukan. Jadi jika seandainya kondisi keuangan mumpuni tidak masalah membeli produknya. Namun jika keuangan Anda sendiri tidak terlalu sehat sebaiknya jangan beli, takutnya Anda tidak mampu membayar kewajiban akan premi tersebut.

3. Pertimbangan lain seperti riwayat penyakit yang dimiliki, apalagi terkadang beberapa jenis penyakit berat yang menyerang membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit, karena biaya pengobatannya mahal, terkadang produk asuransi yang Anda miliki saja tidak cukup digunakan untuk mengcover biaya pengobatan tersebut. dari sini maka bisa memilih membeli asuransi double claim ini, karena dapat digunakan untuk menutup kekurangan biaya pengobatan yang tidak ditanggung oleh asuransi.

4. Ada tidaknya tabungan serta dana darurat, apalagi jika tidak sering-sering sakit dan butuh biaya berobat mahal, terkadang dari uang tabungan atau dana darurat saja sudah cukup digunakan untuk membiayai kekurangan pengobatan. Ini jauh lebih hemat dibandingkan harus bayar kewajiban akan premi secara rutin setiap bulannya.

Asuransi kesehatan double claim sendiri punya sistem klaim yang berbasis reimburse, bukan cashless. Jadi setelah ada biaya talangan untuk membayar kekurangan pengobatan, maka baru bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Utamakan membelinya hanya dari perusahaan yang sudah terjamin aman dan terpercaya, yaitu I Love Life. Apalagi belakangan ini mereka juga banyak mengeluarkan produk asuransi baru, termasuk diantaranya yang berbasis digital atau online juga ada. Sesuaikan dengan kebutuhan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *