Ming. Jun 23rd, 2024

Pepatah “Kamu adalah apa yang kamu makan” juga berlaku untuk rambut.

Untuk kesehatan rambut yang optimal, ada berbagai makanan kaya nutrisi yang direkomendasikan para ahli untuk dimakan sehari-hari.

Makanan ini penting terutama untuk usia 40 tahun ke atas, ketika rambut mulai mengalami penipisan.

Inilah empat tips memenuhi nutrisi untuk kesehatan rambut yang dibagikan Paula Morgan, dokter kulit dan konsultan medis; Ghanima Abdullah, ahli rambut dan ahli kecantikan; dan Emmanuel Loucas, dokter kulit.

1.

Makan banyak proteinProtein meningkatkan sintesis keratin dalam tubuh, kata Abdullah.

Itu sebabnya nutrisi ini sering dikaitkan dengan rambut dan kuku yang lebih kuat.

“Keratin, yang dibangun dari asam amino dalam kolagen, adalah protein yang membentuk sebagian besar rambut dan kuku Anda,” kata dia.

Jadi konsumsi banyak protein membantu menjaga rambut tetap kuat, terlepas dari efek penuaan yang tak terhindarkan, katanya.

Makanan kaya protein termasuk yogurt, daging seperti ayam dan sapi, kacang polong dan kacang-kacangan.

2.

Makan lemak esensialSelain protein, Loucas merekomendasikan asam lemak esensial yang mengandung asam lemak omega-3 dan 6.

Ini termasuk ikan, biji labu dan biji rami, kenari, roti dan pasta yang diperkaya.

Semua ini, katanya, dapat membantu mencegah kekeringan di rambut.

Loucas juga mengatakan bahwa ikan berlemak (salmon), daging merah, udang, tiram, kedelai/kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, paprika manis, ubi jalar, alpukat, telur, beri dan bayam akan membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Dia juga mengingatkan menjaga keseimbangan vitamin dan mineral yang sehat seperti vitamin A, C, E, seng dan selenium.

Selenium adalah mineral yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut, utrisi utama dengan banyak manfaat rambut dan dapat diperoleh dari kacang Brazil, makanan laut, jeroan, sereal dan biji-bijian lainnya.

3.

Sering HidrasiMinum cukup air (6-8 gelas per hari) diperlukan untuk semua fungsi tubuh, ini juga penting untuk kulit kepala dan rambut yang lebih sehat, kata Morgan.

Menjaga kulit kepala terhidrasi berarti rambut lebih berkilau dan lebih tebal.

“Kulit kepala kaya akan bakteri menguntungkan yang membuat rambut tumbuh dan terlihat sehat,” jelasnya, jadi minum cukup air sebagai bagian dari diet penuh lemak sehat, seperti alpukat, minyak ikan, dan minyak zaitun sangat penting untuk kesehatan kulit kepala, dan menjaga rambut terlihat penuh dan sehat.

Tanda-tanda bahwa seseorang kekurangan cairan, kata Morgan, termasuk kerusakan rambut, yang merupakan penyebab nomor satu rambut terlihat lebih tipis.

4.

Minum suplemen biotinBeberapa makanan mengandung biotin, seperti kuning telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, tapi Morgan merekomendasikan untuk memilih lebih banyak vitamin dalam makanan, mungkin melalui suplemen.

“Biotin memiliki banyak manfaat bagi rambut, lebih dari yang disadari,” katanya.

Kata dia, biotin membantu mengurangi kerapuhan dan kekeringan, sekaligus mendorong pertumbuhan helai rambut baru yang sehat.

SHE FINDS

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *